CQ DX Marathon

CQ Magazine’s Annual DX Marathon – Peraturan Kontes 2024

Translated by Anton YB5QZ

CQ Magazine’s Annual DX Marathon – Peraturan Kontes 2024

1 Januari s/d 31 Desember 2024 Batas Waktu penyerahan Log: 5 Januari 2025

CQ DX Marathon dirancang untuk mempromosikan aktivitas DXing sepanjang tahun. Kredit diberikan untuk kontak pada semua ham band (160-6m) termasuk yang biasanya tidak digunakan untuk kontes (60, 30, 17 & 12m). Kontes QSO dapat digunakan asalkan operate dari stasiun yang sama.

Berikut aturan lengkapnya:

Periode aktivitas

CQ DX Marathon adalah kegiatan selama setahun, dimulai pada 1 Januari pukul 00:01 UTC dan berakhir pada 31 Desember pukul 23:59 UTC.

Frekuensi

Frekuensi radio pada band 160-6m memenuhi syarat termasuk frekuensi yang biasanya tidak diperbolehkan untuk kontes (60, 30, 17 & 12m). Kontak melalui repeater atau satelit tidak diperbolehkan untuk mendapatkan kredit, begitu pula kontak dengan stasiun bergerak maritim atau penerbangan. Semua kontak harus dilakukan seluruhnya melalui frekuensi radio amatir – yaitu kontak tipe Echolink, DMR, D-Star, dll.

Mode

Mode sesuai dilisensikan oleh operator dapat digunakan. Contoh mode yang akan digunakan pada program DX Marathon adalah sebagai berikut:

  • CW: Kode Morse Internasional
  • Phone: USB, LSB, DSB, FM (suara), AM
  • Digital: FT8, FT4, PSK, RTTY

Peraturan umum

Setiap peserta program DX Marathon dapat mengirimkan satu log setiap tahunnya per lokasi operasi. Peserta yang mengirimkan log untuk entri mode tunggal atau band tunggal harus menyertakan hanya kontak tersebut dalam pengirimannya. Log yang dikirimkan dengan beberapa mode atau beberapa band tidak akan dipertimbangkan untuk entri mode tunggal atau band Tunggal, Setiap peserta boleh menggunakan maksimal dua nama panggilan per stasiun asalkan nama panggilan tersebut dicantumkan dengan jelas pada formulir penyerahan. Kedua nama panggil tersebut harus digunakan pada lokasi pengoperasian yang sama dengan menggunakan peralatan dan antena yang sesuai dengan kategori yang dimasukkan.

Remote operation, Pengoperasian jarak jauh diperbolehkan jika semua pemancar, penerima, dan antena berada di satu lokasi fisik. Remote operation di negara yang berbeda dengan negara izin peserta harus mematuhi semua undang-undang dan peraturan setempat di negara tersebut. Setelah Remote stasiun jarak jauh dipilih oleh peserta, peserta harus menggunakan Remote operation yang sama untuk periode aktivitas tahun tersebut.

Jika peserta beroperasi dari stasiun utama dan Remote stasiun jarak jauh, mereka akan diperlakukan sebagai entri terpisah. Setiap entri dapat dikirimkan asalkan mereka memiliki nama panggil yang berbeda atau penanda nama panggil portabel. Entri yang mencakup kontak yang dibuat dengan bantuan penerima dan/atau pemancar jarak jauh selain kontak dari stasiun utama tidak diperbolehkan.

Jika Administrator Program DX Marathon menentukan bahwa kiriman mencakup gabungan QSO dari lebih dari satu lokasi, peserta dapat ditangguhkan dari Program DX Marathon dan kiriman tahun berjalan tidak akan dinilai. Keputusan Administrator Program DX Marathon bersifat final.

Kategori

Ada empat kategori entri, “Unlimited”, “Limited”, “Formula”, dan “QRP”. Peserta harus mengoperasikan hanya segmen band yang diizinkan sesuai lisensi. Penggunaan jaringan spotting diperbolehkan untuk semua kategori. Jika mengacu pada daya di bawah, maka harus diukur pada feed point antena.

Unlimited

Kelas tidak terbatas Unlimited memungkinkan peserta untuk menggunakan hingga output daya maksimum yang diizinkan pada setiap band dan daya sesuai izin lisensi. Antena atau kombinasi antena apa pun dapat digunakan dalam kategori ini.

Limited

Peserta Kelas Terbatas Limited diperbolehkan memiliki daya pancar maksimum 100 watt. Antena seperti antena vertikal atau antena kawat diperbolehkan. Contoh antena kawat termasuk dipole, G5RV, Windoms, antena off-center fed (OCF), dan antena end-fed. Antena apa pun, baik vertikal maupun kawat, Ketinggian antenna tidak boleh lebih dari 50 kaki (15 m) di atas tanah dan panjangnya tidak boleh melebihi 135 kaki (41 m). Jika antena kawat miring digunakan, titik jangkar tertinggi tidak boleh melebihi 50 kaki (15m) di atas tanah. Jika dua menara atau pohon digunakan, persyaratan panjang dan tinggi yang dinyatakan dalam paragraf ini berlaku.

Jika peserta tinggal di struktur bangunan bertingkat tinggi, antena vertikal dan kawat diperbolehkan dipasang di atap struktur dengan batasan panjang yang disebutkan di atas. Dipole atau Rotary yang dapat diputar di atas gedung bertingkat hanya diperbolehkan jika tingginya tidak melebihi 50 kaki (15m) dalam kategori ini. Pembatasan panjang 135 kaki (41m) berlaku untuk antena kawat.

Antena dalam klasifikasi “Array” (Antena arahan) dapat digunakan. Antena array berarti elemen yang digerakkan dan elemen parasit. Contohnya termasuk Yagis, Hexbeams, Spider beams, dan Cubical Quads. Antena ini dibatasi max. 3 elemen dan panjang boom tidak lebih dari 16 kaki (5m) dan dipasang pada ketinggian maksimum 50 kaki (15m) di atas permukaan tanah. Dipole yang dapat diputar sejauh 30m dan 40m diperbolehkan dalam kategori ini dengan tunduk pada batasan ketinggian di atas.

Kelas Formula

Peserta Kelas Formula diperbolehkan memiliki daya pancar maksimum 100 watt.

Antena seperti antena vertikal atau antena kawat diperbolehkan. Contoh antena kawat termasuk dipole, G5RV, Windom, antena off-center fed (OCF), dan antena end-fed. Antena apa pun, baik vertikal atau kawat, tidak boleh lebih tinggi dari 65 kaki (20 m) di atas tanah dan panjangnya tidak boleh melebihi 135 kaki (41 m). Jika antena kawat miring digunakan, titik jangkar tertinggi tidak boleh melebihi 65 kaki (20m). Jika peserta tinggal di gedung bertingkat tinggi, antena vertikal dan kawat akan diperbolehkan berada di atap gedung dengan batasan ketinggian yang tercantum dalam Kelas Terbatas (limited). Pembatasan panjang 135 kaki (41m) akan berlaku.

Antena arahan atau dipole yang dapat diputar tidak boleh digunakan dalam kategori ini.

Kelas QRP

Peserta Kelas QRP diperbolehkan memiliki daya keluaran maksimum 5 watt. Operator yang memilih kelas QRP dibatasi pada antena pada satu menara yang tingginya tidak melebihi 65 kaki atau 20 meter di atas permukaan tanah. Antena kawat juga dapat digunakan tetapi harus memenuhi kriteria opsi Kelas Formula dan hanya dapat ditopang menara pada satu titik.

Antena dalam klasifikasi “Array” (Antena arahan) dapat digunakan. Antena array berarti elemen yang digerakkan dan elemen parasit. Contohnya termasuk Yagis, Hexbeams, Spider beams, dan Cubical Quads. Antena ini dibatasi max. 3 elemen dan panjang boom tidak lebih dari 16 kaki (5m) dan dipasang pada ketinggian maksimum 65 kaki (20m) di atas permukaan tanah. Dipole yang dapat diputar sejauh 30m dan 40m diperbolehkan dalam kategori ini dengan tunduk pada batasan ketinggian di atas. Jika peserta tinggal di bangunan bertingkat tinggi, antena vertikal dan kawat diperbolehkan dipasang di atap bangunan jika memenuhi batas ketinggian yang disebutkan di atas. Pembatasan panjang 135 kaki (41m) akan berlaku.

DX Marathon Challenge

Penghargaan ini merupakan hal baru untuk program tahun 2024. Peserta yang memilih untuk berpartisipasi sepanjang tahun akan bekerja di banyak entitas negara dan Zona CQ di setiap band 80-10 meter termasuk band WARC (80-40-30-20-17-15-12-10). Semua mode akan dihitung termasuk CW, Phone dan Digital. Dua plakat akan diberikan untuk Challenge Overlay, masing-masing satu untuk skor tertinggi dan skor runner up. Semua kategori Tidak terbatas pada QRP. Bagi yang ingin berpartisipasi, rincian pengajuan akan segera diberikan. Silakan periksa situs web DX Marathon setelah 1 Januari 2024. Sementara itu, peserta yang berminat harus mencatat semua QSO di semua band pada program logging mereka. Karena potensi dampak pada alat penilaian, Administrator Program DX berhak membatasi jumlah peserta di kelas ini. Untuk tahun 2024, kami mohon kepada setiap peserta yang ingin mengikuti program overlay ini, agar mengirimkan email ke wc3w@dxmarathon.com paling lambat tanggal 1 Maret 2024 yang menyatakan niatnya untuk berpartisipasi. 75 peserta pertama akan mengklaim reservasi. Penyesuaian kepesertaan dapat dilakukan pada periode program 2025. Administrator Program DX berhak menambah jumlah ini atas kebijakannya sendiri di tahun-tahun mendatang.

Scoring

Penilaiannya sangat sederhana: Anda mendapat satu poin saat pertama kali bekerja di negara baru dan satu poin saat bekerja di zona baru. Tambahkan poin negara dan zona dan itulah skor total Anda. Tidak ada pengganda. Setiap negara dan zona hanya dihitung satu kali. Sebuah QSO tunggal dapat dihitung untuk satu negara dan satu zona. Contoh: Jika dalam satu tahun Anda bekerja di 238 negara dan 37 zona, skor Anda adalah 275. Daftar Negara CQ DX dan Daftar Zona CQ merupakan daftar program resmi dan terdaftar di situs web DX Marathon. Jika terjadi seri, peserta yang kontak penilaian terakhirnya lebih awal secara kronologis akan dinilai sebagai pemenang. Keputusan Administrator Program DX Marathon bersifat final.

Submission

Semua Log harus sudah diterima paling lambat tanggal 5 Januari 2025. Jika tanda panggilan Anda berubah sepanjang tahun, atau jika Anda menggunakan tanda panggilan kontes di stasiun Anda, silakan masukkan tanda panggilan utama Anda di bagian atas formulir entri DX Marathon dan tambahkan tanda panggilan lainnya di formulir bagian komentar pada formulir. Jika hal ini tidak dilakukan, Anda tidak akan menerima kredit untuk kedua tanda panggilan yang digunakan dan tidak ada pengecualian yang akan dibuat. Pengiriman harus dilakukan melalui website DX Marathon di entry.dxmarathon.com. Tidak ada ekstensi yang diizinkan.

Verifikasi

QSL atau bentuk verifikasi QSO lainnya tidak diperlukan. Peserta diharapkan untuk mengklaim kontak hanya dari stasiun-stasiun yang diyakini sah oleh peserta, dan hanya untuk mengklaim kontak di mana pertukaran dua arah yang akurat telah dilakukan dengan jelas. Setiap kontak untuk negara atau zona yang diklaim harus merupakan kontak yang solid. Stasiun yang mengklaim adanya kontak dengan stasiun DX diharapkan telah menerima dan mengirimkan tanda panggilnya secara lengkap dan akurat oleh stasiun lain. Tim penilaian DX Marathon berhak memverifikasi QSO yang dikirimkan oleh peserta, termasuk log Dxpedition atau sumber apa pun yang tersedia untuk memvalidasi QSO yang diklaim. Staf DX Marathon menghimbau seluruh peserta untuk memeriksa keakuratan QSO mereka sebelum penyerahannya. Pengajuan yang sebenarnya dikonfirmasi adalah pilihan yang paling sedikit risikonya bagi para peserta. Staf DX Marathon menganjurkan peserta untuk mengunjungi situs web dan membaca dengan cermat bagian FAQ untuk mendapatkan petunjuk berguna yang mencantumkan rincian pengiriman prioritas.

Ada juga informasi ekstensif tentang stasiun DX tertentu, yang saat ini dapat ditemukan di tab “Resources” kami di situs web.

Selama proses penilaian, staf DX Marathon akan meninjau QSO yang diklaim tidak valid seperti kontak dengan bajak laut, panggilan terputus, atau stasiun yang tidak beroperasi di negara yang diklaim. Kiriman yang berisi kesalahan-kesalahan ini tidak akan dihitung dalam skor peserta. Peserta dapat didiskualifikasi jika terjadi penipuan atau sportivitas yang buruk. Setiap QSO mungkin harus diverifikasi oleh Administrator Program DX Marathon dan stafnya. Keputusan/keputusan Administrator Program DX Marathon bersifat final.

Hasil

Daftar akhir skor resmi dan pemenang akan dipublikasikan di CQ Magazine dan situs web DX Marathon. Skor yang diklaim akan diterbitkan di situs web dalam waktu 30 hari setelah skor diserahkan pada bulan Januari. Hasil akhir tahun 2024 setelah verifikasi akan muncul di majalah CQ Magazine edisi Juni 2025 dan diposting di situs web DX Marathon.

Penghargaan

Plakat

DX Marathon akan memberikan plakat sebagai berikut:

Skor keseluruhan tertinggi di Kelas Unlimited, skor keseluruhan tertinggi di Limited, skor keseluruhan tertinggi di Kelas Formula, skor keseluruhan tertinggi di QRP, tertinggi di dunia secara keseluruhan CW saja, tertinggi di dunia secara keseluruhan hanya SSB dan tertinggi di dunia secara keseluruhan hanya skor Digital saja; skor keseluruhan tertinggi untuk entri band tunggal untuk band 6-10-,12-,15-,17-, 20-,30-,40-,60-,80-, dan 160m; skor keseluruhan tertinggi untuk masing-masing 6 benua dan skor CW keseluruhan tertinggi di Eropa dan Amerika Utara. Plakat untuk pemenang CW, SSB, band dan benua diberikan terlepas dari kelasnya dan hanya dapat diberikan jika skor kemenangan dalam kategori tersebut setidaknya 50% dari skor keseluruhan pemenang Kelas DX Marathon Unlimited. Sebuah plakat akan diberikan untuk skor keseluruhan tertinggi dalam Youth overlay. Sebuah plakat akan diberikan untuk skor tertinggi di seluruh dunia dalam YL Overlay. Sebuah plakat akan diberikan kepada skor tertinggi dan Runner up #1 untuk overlay baru yang dijelaskan di bawah ini berjudul “DX Marathon Challenge.” Peserta hanya dapat menerima satu plakat per tahun. Apabila seorang peserta memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih dari satu plakat, maka peserta tersebut akan menerima sebuah plakat untuk tingkatan tertinggi berdasarkan urutan di atas.

Sertifikat

Sertifikat diberikan kepada peserta yang memenuhi syarat dengan urutan sebagai berikut: Skor keseluruhan tertinggi untuk masing2 dari tiga mode di setiap benua dengan pengecualian CW di Eropa dan Amerika Utara; skor keseluruhan tertinggi di setiap zona CQ; skor keseluruhan tertinggi di setiap negara; skor keseluruhan tertinggi untuk setiap kelas di AS; skor keseluruhan tertinggi dalam Unlimited, Limited, Formula, dan QRP di setiap distrik callsign AS; skor keseluruhan tertinggi di setiap distrik tanda panggilan Kanada. Pemenang plakat tidak berhak mendapatkan sertifikat. Seorang peserta hanya dapat memenuhi syarat untuk satu sertifikat. Dalam hal peserta memenuhi lebih dari satu sertifikat, maka peserta tersebut akan mendapatkan sertifikat tingkat tertinggi berdasarkan urutan di atas. Tingkat poin minimum agar memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat akan ditetapkan setiap tahun oleh Administrator Program DX Marathon yang di atasnya sertifikat akan diterbitkan. Keputusan Administrator Program DX Marathon bersifat final.

Catatan Khusus

Saat ini, DX Marathon tidak memberikan penghargaan untuk penghargaan mixed mode tunggal/single band. Jika sebuah kiriman memiliki semua entri dalam satu band dan mode tunggal, maka itu akan dihitung sebagai kiriman kategori mono band.

Annual Special Award

Pada tahun 2024, untuk menghormati kontribusi K9EL selama 17 tahun terakhir terhadap program ini, Program DX Marathon akan mengeluarkan “Penghargaan Super Marathon John Sweeney K9EL” untuk menghormati jasa John. Penghargaan tersebut akan diberi nama “Penghargaan Super DX Marathon.” Plakat penghargaan akan diberikan kepada peserta yang memiliki kinerja kumulatif tertinggi selama lima tahun berturut-turut dalam Program DX Marathon pada tahun 2020-2024. Penghargaan plakat tunggal akan diberikan terlepas dari Kategori, yaitu Unlimited to QRP.

Youth Overlay

Youth overlay untuk tahun 2024 terbuka bagi siapa saja yang lahir pada tanggal 1 Januari 2000 atau setelahnya. Sebuah plakat Pemuda akan diberikan kepada orang dengan nilai Pemuda tertinggi di dunia, dan sertifikat akan diberikan kepada orang dengan nilai Pemuda tertinggi di masing-masing enam Benua. Untuk masuk dalam overlay Remaja, peserta harus mengklaim entri Remaja dengan tanggal lahir yang tertera di kotak komentar pada formulir pengiriman. Semua entri Remaja mungkin harus melalui verifikasi usia. Untuk kualifikasi sertifikat, entri Remaja harus mencapai skor total minimal 100. Partisipasi dalam overlay ini tidak mengecualikan partisipasi untuk plakat atau sertifikat apa pun di atas untuk peserta.

YL Overlay

YL overlay untuk tahun 2024 terbuka untuk semua operator wanita di dunia. Sebuah plakat YL akan diberikan kepada skor YL tertinggi di dunia dan sertifikat akan diberikan kepada skor YL tertinggi di masing-masing enam Benua. Untuk masuk ke dalam YL overlay, peserta harus menggunakan kotak komentar dan menyatakan bahwa kirimannya ada di YL overlay. Untuk kualifikasi sertifikat, YL harus mencapai skor total minimal 100. Partisipasi dalam overlay ini tidak mengecualikan partisipasi untuk plakat atau sertifikat di atas untuk peserta.

Club Overlay

Kami mendorong penyerahan skor Klub untuk program DX Marathon. Terdapat penunjukan pada halaman penyerahan yang dapat diisi jika peserta adalah anggota Klub. Klub yang ingin masuk harus memenuhi persyaratan sebagaimana diuraikan di bawah ini.

Skor Klub adalah total skor agregat dari log yang dikirimkan oleh anggota dalam kategori entri mana pun yang ditentukan. Akan ada tiga kelas klub dan plakat akan diberikan kepada pemenang untuk setiap kelas. Tiga kelas yang dapat diikuti oleh Klub peserta adalah:

  • Klub dengan pengajuan lebih dari 75 peserta atau lebih.
  • Klub dengan pengajuan antara 26 dan 74 peserta
  • Klub dengan pengajuan 25 peserta atau kurang

Untuk memenuhi syarat sebagai Klub, Anda harus mematuhi persyaratan berikut.

  • Klub AS: Semua anggota Klub yang berpartisipasi harus berdomisili dalam radius 250 mil.
  • Klub Internasional: Semua anggota Klub yang berpartisipasi harus berdomisili di negara DXCC tempat Klub berada ATAU dalam radius 400 km.
  • Entitas Klub harus terlibat dalam aktivitas radio ham seperti DXing, layanan masyarakat, Layanan Darurat (yaitu ARES), atau kontes. Organisasi nasional seperti JARL, REF, DARC dan sejenisnya tidak memenuhi syarat sebagai Klub dan tidak berhak untuk berpartisipasi.
  • Agar Klub dapat mengajukan, Presiden/pimpinan harus menetapkan nama entri yang konsisten untuk Klub mereka. Misalnya, Asosiasi DX Illinois Utara harus dinyatakan hanya sebagai satu nama pada formulir penyerahan peserta. Asosiasi DX Illinois Utara dapat menetapkan nama mereka sebagai “NIDXA” dibandingkan dengan beberapa entri seperti Northern Illinois DXA, dll. Hanya nama Klub identik yang dikirimkan akan dipertimbangkan untuk penilaian.
  • Administrator Program DX Marathon dan stafnya mengharapkan peraturan di atas dipatuhi sebagaimana dinyatakan. Jika ada aturan yang dilanggar, pengajuan klub dapat ditolak. Keputusan Administrator Program DX Marathon mengenai semua kualifikasi Klub bersifat final.